Kamis, 20 September 2012

Taman Bunga Nusantara

 
Taman Bunga Nusantara ialah objek wisata agro yang merupakan aset nasional dengan skala internasional diresmikan oleh presiden kedua Republik Indonesia Soeharto, pada tanggal 10 september 1995.
Taman Bunga Nusantara yang luas totalnya 35 hektar terletak di Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Selain taman bunga yang luasnya 23 hektar, ada teman rekreasi, restoran, parkir, dan lain-lain. Taman yang dipenuhi keindahan display warna dan bentuk bunga yang indah dari berbagai belahan dunia sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia.
Maskot Taman Bunga Nusantara

Angsa Hitam atau Cygnus Atratus merupakan maskot Taman Bunga Nusantara. Unggas ini dijadikan maskot karena daya tahan tubuhnya yang sangat baik, mudah berinteraksi dan dapat berkembang biak dengan pesat di luar habitat aslinya. Angsa Hitam juga merupakan simbol wisata agro yang berbasis kepada potensi flora dan fauna yang hidup saling berinteraksi secara harmonis dan berkembang untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan.
Di taman ini disimpan berbagai tipe bunga dan tanaman, dalam hal ini terutama budi daya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.
Pihak pengelola taman juga mencoba menata lanskap seluas 23 hektar ini dengan mendesain taman-taman khusus. Maka terhamparlah Taman Air, Taman Mawar, Taman gaya Prancis, Taman gaya Amerika, Taman Palem, Taman gaya Bali, Taman gaya Mediteranian, Taman Bugenvil, atau Taman gaya Jepang.  Selain rumah kaca seluas 2.300 m2.

Taman gaya Perancis

Taman gaya Bali

Taman Kaktus

Taman Palma

Menara Pandang
Habis itu cobalah naik ke Menara Pandang.  Anda bisa menikmati indahnya karunia Tuhan yang tak terkirakan dari ketinggian 28 m.

Dari atas menara pandang akan terlihat pemandangan alam yang sungguh indah.  Kelihatan juga bundaran bunga dan taman ‘labyrinth’
Taman gaya Jepang

Jika sudah capek menyusuri setiap sudut Taman Bunga Nusantara, Anda boleh melepas lelah sambil menikmati santap siang di tepian Danau Angsa di kedai-kedai penjual makanan dan minuman, atau di Restoran Saung Aki. “Mau minum apa Pak? Kopi, teh atau teh hijau Jenggot?”
Bunga adalah pelipur lara, penyejuk jiwa.  Juga lambang persahabatan, keagungan, dan cinta.
Waktu Operasional Taman Bunga Nusantara :
Senin – Jumat : 08.00 s/d 17.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Hari Libur : 08.00 s/d 17.30 WIB
Harga Tiket Masuk & Fasilitas di dalam Taman Bunga Nusantara:
Tiket Masuk Rp 20.000,-
Tiket Garden Tram Rp 25.000,-
Tiket Dotto Trains Rp 25.000,-
Tiket Wira-Wiri : Rp. 4.000,-
Tiket Rumah Kaca : Rp. 2.000,-
Tiket Menara Pandang : Rp. 2.000,-
Tiket Peta Taman Rahasia: Rp 1.000

Jl. Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas, Cianjur 43254- Jawa Barat Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar